“Sejarah” Pokemon Go Yang Dibuat Selama 20 Tahun

0
285

Demam Pokemon GO sedang melanda seluruh dunia. Tapi, tahukah Anda, apa yang sedang Anda gemarin saat ini adalah sebuah kerja keras yang dibuat selama 20 tahun.

SEPUTAR POKEMON – Pokemon Go dikembangkan developer Niantic, John Hanke. Karir Hanke dimulai pada tahun 1996, saat menjadi mahasiswa. Saat itu, John menciptakan massively multiplayer online game (MMO) pertama yang disebut Meridian 59. Tapi, ia akhirnya menjual game tersebut ke perusahaan 3DO.

John kemudian mulai mencari kesenangan lainnya, yaitu dengan pemetaan dunia. Pada tahun 2000, John meluncurkan Keyhole, yang merupakan layanan yang menghubungkan peta dengan foto udara, dan menciptakan peta dunia yang terhubung ke GPS.

Pada tahun 2004, Google membeli Keyhole, dan berganti nama menjadi Google Earth.

Saat Google Earth dirilis kala itu, dunia juga gempar dan banyak orang ramai-ramai mencobanya. Fenomena itu sama seperti yang terlihat pada Pokemon Go saat ini.

Hingga tahun 2010, Hanke terus mengembangkan passion pemetaannya, hingga ia menciptakan Maps dan Google Street View.

Sejauh ini, jelas bukan, mengapa Pokemon Go mengandalkan peta online.

Puas dengan kiprahnya di Google, Hanke mendirikan perusahaan sendiri bernama Niantic pada tahun 2010.

Pada tahun 2012, John sukses menciptakan game berbasis peta pertama, yang bernama Ingress. Game ini bisa dijalankan di ponsel dan mengusung konsep bermain game di dunia nyata.

Melalui game ini, Hanke menuai keberhasilan pertamanya dengan menarik sekitar 15 juta pengguna.

SEJARAH POKEMON

Sejarah Pokemon

Perjalanan Pokemon sendiri dimulai dari sebuah game bernama Game Boy yang dirilis di Jepang oleh Nintendo pada bulan Februari 1996.

Permainan ini mengharuskan pemain melalui wilayah Kanto untuk menangkap 150 dari makhluk tituler dan melatih mereka untuk melawan Elite Four dan menjadi juara daerah.

Pada saat game melanda Eropa pada tahun 1999, mereka telah diperluas ke komik, kartun dan permainan kartu perdagangan, yang akhirnya lebih populer dari permainan Game Boy sendiri.

Tapi, seiring berjalannya waktu, kegilaan Pokemon mereda. Tapi seri Pokemon masih terus membekas pada penggemarnya. Pikachu, yang merupakan maskot Pokemon, tetap dikenali di seluruh dunia.

Lalu, pada tahun 2014, Pokemon kembali muncul dalam April Mop. Saat itu, Google dan Pokemon Company bekerja sama untuk menghadirkan candaan dengan memungkin pengguna untuk menemukan karakter Pokemon pada peta Google. Hal ini sempat menjadi hot, dan dari situlah pengembang Pokemon Go berpikir untuk merubah ide itu menjadi game.

Dalam pembuatan dan pengembangan game Pokemon Go, Hanke mengumpulkan dana sebesar $ 25 juta (Rp328 miliar). Dana tersebut diperoleh dari Google, Nintendo, Pokemon Company dan investor lainnya mulai dari Desember 2015 sampai Februari 2016. Dana tersebut termasuk untuk membentuk tim yang membuat Pokemon Go.

LEAVE A REPLY